Granada Mitra Bersama

Pengertian, Fungsi dan Keunggulan

Packaging adalah salah satu sektor industri terbesar di dunia yang menghasilkan nilai yang cukup tinggi. Industri packaging makin hari makin berkembang, perkembangan tiap tahunnya melesat cepat seiring banyaknya produk-produk baru. Produk perawatan kesehatan saja sudah menyumbang sekitar 4% dari total industri pengemasan secara global belum dari sektor lainnya.

Pengemasan suatu barang sangatlah penting karena berfungsi sebagai sarana untuk menyimpan barang agar awet, agar aman dalam transportasi dan daya tarik dalam penjualan. Dalam artikel ini kami akan membahas secara lengkap tentang macam-macam kemasan yang banyak digunakan saat ini di dunia. Khususnya adalah kemasan blister (blister pack) yang menjadi pilihan kemasan berbahan dasar plastik. Blister plastik sangat banyak digunakan di berbagai macam produk yang kita temukan sehari-hari, namun tahukah anda jenis-jenis dan fungsi blister pack sesungguhnya?. Berikut kami berikan infonya kepada anda.

blister packKemasan Blister

Banyak yang bertanya kemasan blister itu apa? disini kami jelaskan semuanya. Blister pack adalah packaging yang saat ini sangat banyak digunakan dalam dunia pengemasan. Kemasan blister biasanya umum kita temui di kemasan obat seperti pil maupun tablet dalam kemasan plastik yang tersegel yang disebut blister.

Kemasan blister paling umum digunakan pada kemasan dosis tablet, kapsul, permen dan makanan lainnya untuk memberikan perlindungan terhadap produk. Kemasan blister adalah kemasan yang mampu memberikan perlindungan dan penghalang cukup baik sehingga mampu membuat ketahanan produk menjadi lebih lama dan tahan terhadap kerusakan. Berikut beberapa kemasan blister yang umum digunakan saat ini.

Kemasan Blister Farmasi

Hampir di seluruh penjuru dunia kemasan blister digunakan sebagai kemasan produk obat yang dijual bebas di apotek maupun dari dokter. Kemasan blister lebih umum diketahui orang karena sering ditemui sehari-hari dan umum. Serangkaian kemasan blister sering juga disebut blister card, blister pack serta blister strip yang biasanya digunakan untuk kemasan obat sekali pakai. Namun di negara dengan konsumsi obat yang tinggi seperti eropa dan amerika banyak orang yang menggunakan kotak cartridge isi ulang pil/kapsul untuk diisi ulang ke apotek.

Penggunaan kemasan blister untuk pengemasan obat sangatlah cocok karena mampu melindungi produk dari faktor eksternal seperti kelembapan dan kontaminasi debu dan lainnya. Seperti yang kita tau blister biasanya transparan namun tersedia juga kemasan blister yang buram untuk melindungi produk yang sensitif akan sinar, cahaya maupun sinar UV.

Kemasan Blister Alat Medis

Kemasan blister medis tidak seperti kemasan blister farmasi yang biasa digunakan untuk obat, jika blister farmasi untuk obat merupakan tipe yang mudah robek segelnya dengan cara ditekan atau memencet bagian depan yang berupa plastik, berbeda dengan blister medis. Memiliki bahan dasar yang berbeda membuat kemasan plastik blister alat medis lebih tebal sehingga membentuk nampan yang kokoh. Film penutup memiliki fitur kulit terbuka dan umumnya berpori untuk memungkinkan sterilisasi. Blister medis seperti itu digunakan untuk perangkat medis yang mengutamakan steril seperti peralatan suntik, perkakas bedah sekali pakai dan alat medis lainnya yang umum di rumah sakit. Kemasan blister medis sangatlah penting untuk menjaga sterilisasi produk medis agar terhindar dari kontaminasi yang tidak diinginkan.

Kemasan Blister Non Medis

Jenis kemasan blister lainnya terdiri dari kemasan dengan bentuk kartu dimana biasa digunakan untuk barang seperti perangkat keras, mainan dan perangkat elektronik ditaruh diantara bungkus karton yang dibuat secara khusus mudah untuk dirobek dan plastik bening yang sudah dibentuk sesuai produk. Konsumen bisa melihat secara langsung visual produk karena plastik blister terbuat transparan.

Untuk variasi kemaran blister pack non medis tidak terlalu membutuhkan sterilisasi yang tinggi. Cukup membentuk plastik secara vakum di sekitar cetakan sesuai dengan barang hingga pas. Semua bisa dikostumisasi dan dirancang sesuai kebutuhan produk dan PVC ditempelkan pada kartu menggunakan suhu panas dan tekanan untuk mengaktifkan perekat (lapisan segel panas) pada kartu blister. Dengan perekat yang kuat membuat kemasan bisa menggantung di pasak namun tetap mudah untuk dibuka.

Kemasan blister farmasi dikenal sebagai kemasan push through (PTP), deskripsi akurat tentang dua sifat utama foil penutupnya rapuh, sehingga memungkinkan untuk menekan produk keluar saat memecahkan penutupnya. Foil dan rongga berbentuk semi-kaku yang cukup dapat dilipat untuk dapat mengeluarkan tablet atau kapsul dengan cara menekannya dengan ibu jari. Memecahkan foil penutup dengan kuku untk tablet yang sesuai akan mempermudah pengepresan.

Baca artikel lainnya:

Pabrik plastik vacuum tray

Pabrik blister packaging

Keunggulan Kemasan Blister

Kemasan blister memiliki memiliki keunggulan yang menjadikannya menjadi pilihan untuk mengemas sebuah produk, berikut adalah keunggulan dari kemasan blister:

  1. Daya tahan produk yang kuat dengan jaminan kualitas
    Kemasan blister memiliki daya tahan kemasan yang teruji, menggunakan kemasan blister membuat produk memiliki daya tahan sampai ketentuan kadaluarsa. Ketahanan kemasan akan kontaminasi luar produk membuat kemasan menjadi awet dan tahan lama.
  2. Biaya yang cukup hemat
    Menggunakan kemasan blister adalah cara menghemat yang baik karena dengan bahan dan sifatnya membuat lebih hemat biaya dari pada jenis kemasan lain dengan kekuatan yang sama. Kemasan blister memiliki beberapa jenis seperti face seal, trap, mock, slide dan interactive dari tiap jenis memiliki kelebihannya sendiri. Pilihlah sesuai kebutuhan produk anda.
  3. Mudah untuk meletakkan merek
    Sebagai produsen sudah tentu anda akan menampilkan jati diri merek pada tiap produk. Dengan kemasan blister pack anda tidak akan sulit untuk menampilkan merek, anda bisa menampilkan gambar produk, memasukan materi promosi atau iklan yang bisa membangun brand dan lainnya.
  4. Menampilkan produk secara nyata
    Kebanyakan kemasan blister adalah transparan, hal ini memudahkan calon konsumen untuk melihat secara real barang yang akan mereka beli. Konsumen akan lebih mudah percaya dengan barang yang tampak.
  5. Kemasan pencegah kerusakan dan pemalsuan 
    Menggunakan kemasan blister bisa mencegah pemalsuan, pencurian dan manipulasi di pasar. Kemasan sudah dirancang khusus dengan kemasan plastik thermofored yang jelas/transparan, protektif terhadap produk dan memungkinkan untuk tahan lama. Dengan itu semua pelanggan bisa melihat produk tanpa takut kemasan rusak.

Melihat fungsi dan kelebihan kemasan blister yang telah kami berikan infromasinya tentu penggunaan kemasan ini adalah pilihan yang baik. Namun anda perlu memastikan pilihan kemasan yang tepat untuk produk anda agar mendapatkan hasil tampilan yang menarik.

Jika anda ingin menggunakan kemasan blister untuk produk anda bisa menguhubungi kami. Hubungi nomor layanan yang tertera pada website kami untuk mengetahui detail dari blister pack serta dapatkan penawaran harga spesial dari kami.

granada

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait:

Hubungi Marketing kami segera untuk informasi lebih lanjut

Ada yang Ingin anda Tanyakan?

Site Statistics

  • Today's visitors: 0
  • Today's page views: : 0
  • Total visitors : 316
  • Total page views: 518

OFFICE ADDRESS

Granada Mitra Bersama

Copyright © PT Granada Mitra Bersama Powered by naicomweb.com

Scroll to Top